Sunday, September 10, 2017

Proposal untuk rangkaian kegiatan

Hai,kawan - kawan sekalian ^o^)/..., pada perjumpaan post kali ini, lita akan membahas tentang proposal untuk kegiatan -kegiatan.Terus, fungsinya post kali ini untuk apa?.Nah, dalam post ini aku akan menjelaskan tentang guna proposal dalam dunia pendidikan serta lainnya.
Oke, proposal dalam bahasa inggris yaitu Propose yang memiliki arti tersendiri yaitu, mengajukan suatu surat baik diterima atau tidak diterima yang biasanya bersifat formal,namun pengertian tersebut hanya pengertian umum dalam dunia pekerjaan, pengertian yang sudah diakui adalah teks berupa permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk merencanakan atau melakukan suatu kegiatan dan biasanya memiliki isi seperti rangkaian sejumlah rencana kegiatan.
Proposal sendiri biasanya sering digunakan oleh orang-orang yang sudah mulai memasuki dunia pekerjaan, contohnya seperti saat kita ingin mengajukan formulir pekerjaan kita ke suatu perusahaan, tidak mungkin kan?kalian yang baru daftar langsung diterima.... pasti kalian akan membawa proposal lamaran kerja untuk memperkuatnya.Kalau untuk kita mah.... :'( makalah aja belum tentu benar susunannya.
Proposal memiliki 2 metode untuk mencari data /mengumpulkan yaitu metode kegiatan dan metode penelitian.Nah dari 2 metode inidiriku akan membahas metode yang ke-2 yaitu penelitian, dalam metode penelitian terdapat 2 cara yaitu data kuantitatif dan data kualitatif, nah 2 kata tersebut mungkin terbilang sama,namun tidak serupa.Pada pengumpulan data kuantitatif biasanya datanya bersifat kesimpulan atau akhir dari suatu penelitian maka bisa dibilang data kuantitatif adalah data yang menggunakan kesimpulan dari suatu survey, sedangkan data kualitatif lebih kearah pemilihan atau survey yang biasanya bisa kita jawab asal - asalan (*Jangan dicoba yah ;-)  ).Nah maka dari itu kedua metode ini berhubungan, mungkin ada yang menanyakan,kenapa tidak membahas metode kegiatan?...metode kegiatan sendiri bersifat umum dan biasanya hasilnya masih kurang akurat maka dari itu akan lebih baik menggunakan metode penelitian supaya lebih teliti dan akurat.
Nah selanjutnya struktur proposal, *Bukannya sama seperti makalah?,eits... Beda loh :O.. Nah maka dari itu diriku hanya akan menjelaskan bagian yang penting pada proposal yaitu Latar belakang, pada bagian ke-1 yaitu latar belakang kita harus pandai memilih kata - kata sebagai alasan dari kita membuat proposal, seperti apakah ada hal atau masalah yang sangat - sangat memengaruhi sehingga kalian membuat proposal atau tidak, Ke-2 Masalah dan tujuan, pada bagian ini kita harus menjelaskan secara terperinci dan spesifik, tujuan dan maslah kegiatan harus dirumuskan secara rasional dan persuasif supaya lebih menarik dan mudah dipahami, bagian ke-3 yaitu Ruang Lingkup Kegiatan, ruang lingkup kegiatan itu seperti masalah kegiatan ini secara pribadikah, atau mungkin sekitar kita, ke-4 adalah manfaat yang berfungsi untuk memperkuat dan membuat proposal yang kita kemukakan lebih meyakinkan supaya mudah diterima, dalam bagian ini hanya terdapat bukti serta dampak positif dari kegiatan yang telah dilakukan serta faktanya,dan bagian yang tidak kalah penting lagi yaitu, bagian ke-5 Kerangka teoretis dan hipotesis, ini merupakan bagian yang menyimpulkan sekaligus hampir menjadi penutup dari sebuah proposal, dalam bagian ini biasanya dimuat teori - teori yang merupakan dasar dari argumentasi masalah tersebut sendiri.Mungkin masih ada lagi bagian - bagian yang penting lagi seperti, Metode yang digunakan, Pelaksana kegiatan, Fasilitas, Jadwal Kegiatan, dan Pembiayaan namun hanya 5 hal tersebut yang sangat memengaruhi struktur proposal tersendiri.

Sekian post, mengenai Proposal terima kasih telah membaca ~[^O^]~...

1 comment:

Tugas Bahasa Indonesia

1.Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Kata Kunci :i...